Kurus dapat merupakan akibat keturunan, pola diet, dan penyakit. Kurus akibat keturunan bisa ditelusuri dari orangtua, kakek-nenek, dan saudara. Kebanyakan kurus akibat keturunan sehat, tidak ada masalah. Kurus akibat pola diet merupakan tindakan sengaja. Banyak ditemukan orang yang sengaja mengatur pola diet untuk mencapai berat badan tertentu atau ingin menjadi kurus. Kurus akibat pola diet ini bisa tergolong sehat bisa juga tidak. Bergantung pada kondisi tubuh dan pola yang dijalankan. Kurus akibat penyakit kadang tidak dapat dihindari. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah menjaga kesehatan.

Tubuh dikategorikan kurus jika proporsi tinggi dan beratnya di bawah standar yang ada. Berikut cara untuk mengategorikan apakah tubuh tergolong kurus atau tidak. 

Cara pertama dengan mengukur Indeks Masa Tubuh (IMT).
IMT = Berat Badan : (Tinggi Badan)2
Satuan berat badan dalam kilogram, tinggi badan dalam meter.
Keterangan:
IMT < 18 kurus
IMT = 18 ideal
IMT > 25 gemuk
IMT > 27 obesitas

Cara kedua serupa tapi tak sama dengan menghitung dalam persentase.
Berat Badan : (Tinggi Badan – 100) x 100%
Satuan berat badan dalam kilogram, tinggi badan dalam centimeter.
Keterangan:
> 110% gemuk
antara 90-110% ideal
< 90% kurus

Tubuh kurus bukan sesuatu yang negatif dan berbahaya. Ini hanya mengenai fisik semata. Hal yang penting adalah kesehatan tubuh.

Banyak orang terkenal memiki dan berusaha bertubuh kurus. Tubuh kurus memudahkan dalam mengepas pakaian. Bentuknya yang ramping, praktis, dan mudah bergerak menjadikan tubuh kurus fleksibel. Kenakan pakaian yang agak longgar, namun jangan kebesaran. Pilih motif besar jika bermotif dan pilih warna terang.

Tubuh mencerminkan kepribadian orangnya. Tubuh kurus menunjukkan orang tersebut memperhatikan apa yang dimiliki dan berusaha menjaga tetap sehat dan seimbang. Be confident.

Biasanya orang bertubuh kurus makan banyak. Ini dapat menjadi petunjuk kelancaran sistem pencernaan seseorang. Tubuh menerima dan memproses dengan cepat. Bukan merupakan penyakit atau keanehan.

Akhir-akhir ini banyak orang kurus ingin menambah berat badan. Berikut ini beberapa cara menambah berat badan.

Menambah porsi dan frekuensi makan
Penuhi menu empat sehat lima sempurna dalam porsi yang lebih banyak dari sewajarnya. Jangan biarkan perut lapar. Makanlah ketika akan dan sedang lapar. Jika normalnya makan tiga kali sehari maka makanlah lima kali sehari. Sarapan, sarapan sesi kedua, makan siang, makan sore, dan makan malam. Perbanyak karbohidrat dan protein.

Minum vitamin
Vitamin penting bagi tubuh. Minum multivitamin jika tubuh merasa perlu.

Banyak minum air putih
Mengingat penambahan porsi dan frekuensi makan, air putih sangat penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan.

Hindari stres
Ada yang makan lebih banyak saat stres. Untuk misi menambah berat badan ini sebaiknya hindari stres. Tenangkan pikiran, pikirkan kebahagiaan dan kenyamanan hidup. Jalani saja hari dengan senang maka berat badan pasti akan naik.

Syukuri bentuk tubuh yang sudah dimiliki. Apapun dan bagaimanapun itu tetap pancarkan percaya diri. Kunjungi blog Komunitas Orang Kurus Indonesia dan bergabung di twitter @KOK_Indo untuk banyak berbagi pengalaman tentang tubuh kurus. If big is beautiful, thin is woderful! Salam. :)