Pengertian diet adalah pengaturan pola makan, baik ukuran, porsi dan kandungan gizinya. Diet berasal dari bahasa Yunani yang berarti cara hidup. 

Ada banyak jenis diet yang ada saat ini namun bagi saya diet yang tepat adalah yang sesuai dengan tubuh diri sendiri. Diet saya lakukan dengan cara berikut:

1. Menjaga pola makan
Makanan dan pola makan menjadi nomor satu dalam pembahasan diet dimanapun karena dari situlah tubuh menerima asupan. 

Makan sewajarnya, tiga kali sehari dengan menu empat sehat lima sempurna pada pagi hari (sarapan). Sarapan penting agar tidak tergoda ngemil sepanjang hari. Sulit? Pilih makan-makanan berat daripada ngemil. Kalaupun ingin ngemil, pilih buah-buahan, mengenyangkan namun tidak menimbun karbo. 

Tentukan jam makan dan patuhi (tepat waktu). Ingat selalu untuk tidak makan sebelum tidur karena akan membuat perut buncit.

Makan dengan santai (mengunyah 28 kali) dan tidak tergesa-gesa karena ini juga akan membuat perut buncit. Bagi wanita, makan perlahan dan terlihat lembut akan tampak anggun, bukan? ;)

2. Olahraga
Malas berolahraga? Jangan. Berolahraga tidak hanya untuk kesehatan tetapi untuk refreshing, melepaskan penat dari pikiran tentang masalah hidup. Pilih olahraga ringan yang bisa rutin dilakukan seperti berjalan kaki, jogging. Budayakan berjalan. Pasti tubuh tidak akan 'melar' selama sering berjalan kaki.

3. Tidur yang berkualitas
Jangan tidur jika tidak membutuhkan tidur namun ketika lelah dan mengantuk, segera tidur. Tidur tidak harus 8 jam sehari. Gunakan insting tubuh, coba tidak pakai alarm di akhir pekan sebagai percobaan. Setelah tubuh merasa cukup tidur, mata akan membuka dan terbangun dengan fresh.

Tubuh akan otomatis 'meminta' dan 'menolak' sesuai kebutuhannya. Ikuti saja apa maunya asalkan dibatasi. Dengan menerapkan tiga poin itu semoga dapat memperbaiki dan menjaga berat badan. Terus berusaha jaga kesehatan. Salam. :)