Membaca itu menyenangkan apalagi ketika menemukan bacaan yang menarik, membuat terngiang-ngiang akan isinya sampai berhari-hari. Baik berupa cerpen, cerbung, novella, dan novel. Berikut situs baca online yang siap memanjakan pembaca dengan bacaan berkualitas dan gratis tanpa mendaftar.

Situs ini berisi cerpen-cerpen terjemahan karya penulis luar negeri seperti Ernest Hemingway, Chinua Achebe, dan lain-lain. Ada juga kolom diskusi dan tips menulis. Membaca di situs ini akan serasa membaca karya aslinya.



Situs ini berisi cerpen, novella, dan novel baik karya penulis dalam negeri maupun terjemahan karya penulis luar negeri. Biasanya di-post berseri per-bab bersambung sampai tamat. Situs ini dilabeli dengan konten dewasa. Ada puluhan judul bacaan, artikel, dan tips menulis. Membaca di situs ini akan ketagihan. Ini asyik dan keren.



Situs ini milik majalah Femina. Bagian waktu senggang-fiksi ini berisi cerpen dan cerbung karya pemenang sayembara Femina yang diadakan setiap tahun. Adapula karya-karya bagus selain pemenang yang ditayangkan. Ada banyak pilihan judul yang bisa dinikmati.



Belum tahu banyak tentang situs ini, baru beberapa kali berkunjung. Seperti tiga situs sebelumnya, situs ini berisi bacaan berupa cerpen yang terbit di koran Minggu surat kabar Kompas, Republika, Jawa Pos, Suara Merdeka, Koran Tempo, dan Media Indonesia.


Selain membaca online dapat juga men-download. Agak sulit mencari novel gratis karena dapat dikatakan melanggar izin penulis. Download saja di Download Novel, Ebook, dan Baca Online atau melalui file hosting seperti 4shared untuk novel berbahasa Indonesia dan Inggris, TUEBL dan ePub Bud untuk novel berbahasa Inggris. Kalaupun ada, kualitasnya tidak sebagus dengan membeli tetapi cukup meningkatkan minat baca.



Apapun itu yang penting bagaimana membudayakan membaca dan jangan lupa untuk berterimakasih pada penulisnya. Happy reading. :)